Kamis, 15 April 2010

Jenis - jenis Teks Bahasa Inggris

Description (Deskripsi)
Ciri Umum:
(a) Tujuan Komunikatif Teks:
Mendeskripsikan ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tertentu.
(b) Struktur Teks:
● Pengenalan subjek;
● Ciri-ciri subjek, misalnya tampilan fisik, kualitas, perilaku umum, sifat-sifat.
(c) Ciri Kebahasaan:
Menggunakan:
· nouns tertentu, misalnya teacher, house,my cat, dsb.
· simple present tense.
· detailed noun phrase untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya It was a large open rowboat, a sweet young lady, dsb.
· berbagai macam adjectives, yang bersifat describing, numbering, classifying, misalnya, two strong legs, sharp white fangs, dsb.
· relating verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya, My mum is realy cool, It has very thick fur, dsb.
· thinking verbs dan feeling verbs untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya Police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, dsb.
· action verbs, misalnya Our new puppy bites our shoes, dsb.
· abverbials untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku tersebut, misalnya fast, at the tree house, dsb.
· bahasa figurative, seperti simile, metafor, misalnya John is white as chalk, sat tight,dsb.



Narrative (Naratif, dongeng)
Ciri Umum:

(a) Tujuan Komunikatif Teks:
Menghibur pendengar atau pembaca (yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian).
(b) Struktur Teks:
● Pengenalan tokoh, waktu, dan tempat:(Orientation)
● Pengembangan konflik;(Complication)
● Penyelesaian konflik;(Resolution)
● Koda: perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita.
(c) Ciri Kebahasaan:
Menggunakan:
· nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita, misalnya, stepsisters, housework, dsb.
· adjectives yang membentuk noun phrase, misalnya, long black hair, two red apples, dsb.
· time connectives dan conjunctions (cronological order) untuk mengurutkan kejadian-kejadian, misalnya then, before that, soon, dsb.
· adverbs dan adverbial phrases untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa, misalnya here, in the mountain, happily ever after,dsb.
· action verbs dalam past tense; stayed, climbed, dsb.
· saying verbs yang menandai ucapan seperti: said, told, promised, dan thinking verbs yang menandai pikiran, persepsi atau perasaan tokoh dalam cerita, misalnya thought, understood, felt, dsb.

Procedure (Prosedur)
Ciri Umum:
(a) Tujuan Komunikatif Teks:
Memberi petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.
(b) Struktur Teks:
· Tujuan kegiatan;(Goal)
· Bahan-bahan;(Materials)
· Langkah-langkah.(Steps)
(c) Ciri Kebahasaan:
Menggunakan:
· pola kalimat imperative, misalnya, Cut, Don’t mix, dsb.
· action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix, dsb.
· connectives untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dsb.
· adverbials untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 centimetres from the top, dsb.

Report (Laporan hasil pengamatan)
Ciri Umum:
(a) Tujuan Komunikatif Teks:
Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang dideskripsikan dapat meliputi gajala alam, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah teks report dapat berupa simpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya. Untuk membuat laporan semacam ini, siswa perlu mengamati dan membandingkan ikan paus dengan binatang lainnya yang memiliki ciri-ciri yang sama.
Siswa dapat mencoba membuat teks laporan tentang, misalnya, rumah sangat sederhana, warung tegal, sekolah, rumah sakit dsb. dengan mendekripsikan ciri-ciri subyek tersebut sehingga disebut rumah sederhana, dsb.
(b) Struktur Teks:
· Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.(General Clasification)
· Deskripsi (Description:tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors)
(c) Ciri Kebahasaan:
Menggunakan:
· general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb.
· relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia), dsb.
· action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb.
· present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg, dsb.
· istilah teknis, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.
· paragraf dengan topik sentence untuk menyusun sejumlah informasi.

Recount (Laporan peristiwa, kejadian atau kegiatan masa lampau)
Ciri Umum

(a) Tujuan Komunikatif Teks:
Melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur.
(b) Struktur Teks:
● Pengenalan, yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana dan kapan;(orientation)
● Rekaman peristiwa, kejadian atau kegiatan yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis;(events)
● Komentar pribadi dan/atau ungkapan penilaian;
● Pengenalan ulang yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan.(Reorientation)
(c) Ciri Kebahasaan:
Menggunakan:
· nouns dan pronouns sebagai kata ganti orang, hewan atau benda yang terlibat, misalnya David, the monkey, we dsb.
· action verbs atau kata kerja tindakan, misalnya go, sleep, run dsb.
· past tense, misalnya We went to the zoo; She was happy dsb.
· conjunctions dan time connectives yang mengurutkan peristiwa, kejadian atau kegiatan, misalnya and, but, then, after that, dsb.
· adverbs dan adverb phrases untuk mengungkap tempat, waktu dan cara, misalnya yesterday, at my house, slowly dsb.
· adjectives untuk menerangkan nouns, misalnya beautiful, funny, dsb.

Tidak ada komentar: